Purba, Asmariati (2018) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN MENGGUNAKAN POWER POINT PADA MATERI BIOLOGI DI KELAS XI IPA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156174004 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8156174004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM. 8156174004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 8156174004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 8156174004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8156174004 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8156174004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156174004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM. 8156174004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 8156174004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 8156174004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi, kemandirian dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology dan media power point pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Silimakuta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA berjumlah 160 orang. Sampel penelitian ditentukan melalui teknik cluster random sampling yaitu kelas XI-1 dan kelas XI-2. Kelas XI-1 dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology sedangkan kelas XI-2 dibelajarkan menggunakan media power point. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik analisis data menggunakan independent samples t test. Hasil penelitian diperoleh motivasi belajar siswa di kelas e-learning berbasis schoology sebesar 89,67±0,557 dengan gain 16,40±1,119 sementara di kelas power point sebesar 85,63±0,629 dengan gain 10,47±1,220. Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan e-learning berbasis schoology secara signifikan lebih tinggi sebesar 22,07% dibandingkan menggunakan media power point (thit3,584;P=0,001). Kemandirian belajar siswa dikelas e-learning berbasis schoology sebesar 88,33±0,482 dengan gain 14,93±1,005 sementara di kelas power point sebesar 83,33±0,682 dengan gain 9,57±0,827. Kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology secara signifikan lebih tinggi sebesar 21,88% dibandingkan menggunakan media power point (thit4,124;P=0.000). Hasil belajar siswa di kelas e-learning berbasis schoology sebesar 85.44±1,018 dengan gain 61,44±2,138 sementara di kelas power point sebesar 72,53±1,448 dengan gain 50,07±2,911. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology secara signifikan lebih tinggi sebesar 10,19% dibandingkan menggunakan media power point (thit3,145;P=0,003). Sebagai kesimpulan penggunaan media e-learning berbasis schoology lebih berkontribusi dalam meningkatkan motivasi, kemandirian dan hasil belajar siswa, khususnya pada materi sistem reproduksi manusia. Dengan demikian, peneliti menyarankan penggunaan media e-learning berbasis schoology dalam proses pembelajaran biologi sebagai salah satu upaya inovasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.285 Pur p |
Keywords: | E-learning, Schoology, Power Point, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2018 07:29 |
Last Modified: | 12 Sep 2018 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30895 |