Efil,, Jemi Putria (2018) PENGARUH PETA KONSEP BERBANTUAN MICROSOFT VISIO TERINTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166172031 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 8166172031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
3. NIM. 8166172031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8166172031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 8166172031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 8166172031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8166172031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8166172031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (785kB) | Preview
13. NIM. 8166172031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 8166172031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Ulum Medan terhadap 69 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes PAM, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan angket kecerdasan emosional siswa. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data kemampuan pemahaman konsep matematis dan data angket kecerdasan emosional siswa dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif terhadap kecerdasan emosional siswa SMP. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan PAM siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal matematika siswa dalam mempengaruhi kecerdasan emosional siswa SMP. Temuan penelitian merekomendasikan bahwa model pembelajaran peta konsep berbantuan Microsoft Visio terintegrasi pembelajaran kooperatif dapat digunakan di kelas untuk mencapai pemahaman konsep matematis dan kecerdasan emosional siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.4 Efi p |
Keywords: | Model Pembelajaran Peta Konsep, Microsoft Visio, Terintegrasi Pembelajaran Kooperatif, Pemahaman Konsep, Kecerdasan Emosional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 02:55 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30877 |