Silalahi, Beta Repita (2010) ANALISIS KESESUAIAN KURIKULUM DENGAN BUKU PAKET DAN BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI PATUMBAK TAHUN AJARAN 2009/2010. Masters thesis, UNIMED.
1500081188810006 abstrak.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
1500081188810006 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (890kB) | Preview
1500081188810006 bab I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
1500081188810006 bab V.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
Abstract
Penelitian mi bertujuan untuk mengunglca.pkan dan menganalisiS kesesuaian kurikulum KTSP dengan bulak• paket limn Pengetahuan Sosial kelas IV, V, dan VI di SD Negeri Patumbak, untuk mengungkapkan dan tnenganalisis kesesuaian kurikulum KTSP dengan buku urnurn/penunjang Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV, V, dan VI di SD Negeri Patumbak clan untuk meng,ung,Icaplcan dark rnenganalisis kesesuaian kurikulum KTSP dengan bahan ajar/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan di SD Negeri Pattnbak,Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kajian isi. Untuk menganalisis kesesuaian kurikulum KTSP dengan buku paket, buku umumipenunjang, dart bahan ajar/RPP ilinu Pengetahuan Sosial kelas IV, V, dan VI di SD Negeri Patumbak, apakah stiklah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Ada 4 (empat) teknik pengumpulan data yaitu observasi, kajian dokumen, wawancara, dan tes yang diberikan kepada siswa kelas EV-VI .Basil yang didapat dalam penelitian int ialah: (ia) Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial kelas N penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional sekitar 55,00% sesuai kurikulum dan 45,00% tidak sesuai kurikulum, (lb) _Bakal ihnu Pengetahuan Sosial penerbit Grahadi sekitar 45,65% sesuai kurikulum dark 54,35% tidak sesuai kurikulum, (lc) PengetahuanSosial penerbit Erlangga sekitar 58,97% sesuai kurikulum dan 41,10% tidak sesuai kurikulum.(2a) Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan, Nasional sekitar 64,52% sesuai kurikulum dan 35,48 tidak sesuai kurikulum, (2b) Buku IlmuPengetahuan Sosial kelas V penerbit Grahadi sekitar 56,76% sesuai kurikulum dan 43,24% tidak sesuai. kurikulum, (2c) Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V penerbit Erlangga sekitar 69,23% dan 30,77% tidak sesuai kurikulum. (Via) Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VI penerbit Pusat Perbukuan Departemen Perididikan Nasional sekitar 64,29% sesuai kurikulum. dan 35,71% tidak sesuai kurikulum, (Vib) Baku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VI penerbit Grahadi sekitar 53,85% sesuai kurikulum day, 46,15% tidak sesuai kurikulum.Analisis bahan ajartRencaria Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan oleh guru antara lain: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kelas IV sekitar 83,33% sesuai kurilkulum dan 16,67% tidak sesuai kurikulum, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kelas V sekitar 74,19% sesuai kurikulum dan 25,80% Yidak sesuai kurikulin, dan (3) Rencana Pelaksanaark Pernbelajaran kelas sekitar 66,67% tidak sesuai kurikulum dan 33,33% sesuai kurikulum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.19 Sil a |
Keywords: | Sekolah;Kurikulum;Sosial;Buku;Pengetahuan;Paket; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3080 |