Batubara, Neni Fauziah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA BUDISATRYA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172027 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM.8156172027 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (958kB) | Preview
3. NIM. 8156172027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 8156172027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 8156172027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 8156172027 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM. 8156172027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8156172027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
12. NIM. 8156172027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM. 8156172027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) apakah model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (4) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VII-2 (kelas eksperimen 1), kelas VII-3 (kelas eksperimen 2) dan kelas VII-4 (kelas kontrol) masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) Angket motivasi belajar siswa, dan (2) tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis msalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.5 Bat p |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri, Motivasi Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 03:48 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30693 |