ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS X DAN XI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 7 MEDAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

ADORIA, ATIKAH (2018) ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS X DAN XI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 7 MEDAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 01. NIM 2143111011 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2143111011 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 2143111011  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2143111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 2143111011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2143111011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 04.  NIM 2143111011 ACNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2143111011 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 2143111011  TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2143111011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 2143111011  LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2143111011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 2143111011 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 2143111011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 2143111011  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2143111011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 2143111011  CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
09. NIM 2143111011 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 2143111011  CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
10. NIM 2143111011 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 2143111011  CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
11. NIM 2143111011 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2143111011  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2143111011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2143111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2143111011 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2143111011 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cakupan dan pendistribusian tingkatan kognitif taksonomi bloom revisi dan berapa persen soal keterampilan berpikir tingkat tinggi pada soal Ujian Akhir Semester Ganjil Bahasa dan Sastra Indonesia kelas X dan XI Tahun Pembelajaran 2017/2018 SMA Negeri 7 Medan. Data dalam penelitian ini adalah soal ujian akhir semester ganjil bahasa dan sastra Indonesia kelas X dan XI tahun pembelajaran 2017/2018 SMA Negeri 7 Medan sebanyak 50 soal yang terdiri dari 25 soal untuk masing-masing kelas. Instumen yang digunakan adalah tabel kategori dimensi proses kognitif oleh Anderson dan Krathwohl (2001). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Berdasarkan analisis data, soal ujian semester ganjil kelas X dan XI SMA Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 belum memiliki proporsi soal yang baik. Soal ujian akhir semester ganjil kelas X memiliki komposisi soal 12% proses kognitif mengingat (kategori rendah), 68% proses kognitif memahami dan mengaplikasi (kategori sedang), 20% proses kognitif menganalisis (kategori tinggi). Soal ujian akhir semester ganjil kelas XI memiliki komposisi soal 20% proses kognitif mengingat (kategori rendah) dan 80% proses kognitif memahami dan mengaplikasi (kategori sedang). Kedua soal belum proporsional karena soal yang baik harus terdiri dari 30% soal kategori rendah, 40% soal kategori sedang, dan 30% soal kategori tinggi (Sudjana, 2016:136). Soal ujian akhir semester ganjil kelas X sudah memuat keterampilan berpikir tingkat tinggi sebanyak lima soal menganalisis. Sedangkan, soal ujian akhir semester ganjil kelas XI belum memuat keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum memasukkan semua proses kognitif dan belum mendistribusikannya dengan baik. Guru juga harus lebih banyak lagi memasukkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi pada soal yang diujikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 076
Keywords: soal; taksonomi bloom revisi; keterampilan berpikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 05 Jun 2018 14:47
Last Modified: 19 Jan 2023 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30633

Actions (login required)

View Item
View Item