ADORIA, ATIKAH (2018) ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS X DAN XI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 7 MEDAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM 2143111011 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
02. NIM 2143111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
03. NIM 2143111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
04. NIM 2143111011 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
05. NIM 2143111011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06. NIM 2143111011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
07. NIM 2143111011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
08. NIM 2143111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
09. NIM 2143111011 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
10. NIM 2143111011 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
11. NIM 2143111011 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
12. NIM 2143111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM 2143111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM 2143111011 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cakupan dan pendistribusian tingkatan kognitif taksonomi bloom revisi dan berapa persen soal keterampilan berpikir tingkat tinggi pada soal Ujian Akhir Semester Ganjil Bahasa dan Sastra Indonesia kelas X dan XI Tahun Pembelajaran 2017/2018 SMA Negeri 7 Medan. Data dalam penelitian ini adalah soal ujian akhir semester ganjil bahasa dan sastra Indonesia kelas X dan XI tahun pembelajaran 2017/2018 SMA Negeri 7 Medan sebanyak 50 soal yang terdiri dari 25 soal untuk masing-masing kelas. Instumen yang digunakan adalah tabel kategori dimensi proses kognitif oleh Anderson dan Krathwohl (2001). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Berdasarkan analisis data, soal ujian semester ganjil kelas X dan XI SMA Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 belum memiliki proporsi soal yang baik. Soal ujian akhir semester ganjil kelas X memiliki komposisi soal 12% proses kognitif mengingat (kategori rendah), 68% proses kognitif memahami dan mengaplikasi (kategori sedang), 20% proses kognitif menganalisis (kategori tinggi). Soal ujian akhir semester ganjil kelas XI memiliki komposisi soal 20% proses kognitif mengingat (kategori rendah) dan 80% proses kognitif memahami dan mengaplikasi (kategori sedang). Kedua soal belum proporsional karena soal yang baik harus terdiri dari 30% soal kategori rendah, 40% soal kategori sedang, dan 30% soal kategori tinggi (Sudjana, 2016:136). Soal ujian akhir semester ganjil kelas X sudah memuat keterampilan berpikir tingkat tinggi sebanyak lima soal menganalisis. Sedangkan, soal ujian akhir semester ganjil kelas XI belum memuat keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum memasukkan semua proses kognitif dan belum mendistribusikannya dengan baik. Guru juga harus lebih banyak lagi memasukkan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi pada soal yang diujikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 076 |
Keywords: | soal; taksonomi bloom revisi; keterampilan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 14:47 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30633 |