SIMATUPANG, VANISHA TIARTA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI OPEN-ENDED PROBLEMS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142042_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133142042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 7133142042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 7133142042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 7133142042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7133142042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133142042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133142042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7133142042_BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 7133142042_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 7133142042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK BM Sinar Husni Medan. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing dengan strategi Open-ended Problems terhadap hasil belajar akuntansi siswa di SMK BM Sinar Husni Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Sinar Husni Medan yang beralamat di Jalan Veteran Gang Utama Pasar V Helvetia Medan. Penelitian dilakukan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri atas 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Purposive Random Sampling), hanya mengambil 2 kelas untuk diteliti yaitu kelas XI Ak-1
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel tiap kelas 30 siswa yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data berupa tes pilihan berganda pada pretest dan juga postest. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari mecari nilai rata-rata, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest dan postest pada kelas eksperimen sebesar 49,66 dan 81,33, dengan standar deviasi 19,38 dan 16,13, dan
nilai varians sebesar 375,74 dan 260,23. Sedangkan nilai rata-rata pretest dan postest pada kelas kontrol sebesar 50,66 dan 71,33, dengan standar deviasi 19,81 dan 18,70, dan nilai varians sebesar 392,64 dan 349,88. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung (2,341) > ttabel (1,672) yang menandakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Problem Posing dengan strategi Open-ended Problems berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK BM Sinar Husni
Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 046 |
Keywords: | Model pembelajaran problem posing; strategi open-ended problems; hasil belajar akuntansi |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3820 Economic constitution, policy, planning, and development L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 11:51 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30565 |