Rambe, Juli Asmida (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 060827 MEDAN AMPLAS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181010 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8156181010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
3. NIM. 8156181010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 8156181010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8156181010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 8156181010 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 8156181010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 8156181010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 8156181010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
13. NIM. 8156181010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
14. NIM. 8156181010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa perangkat
pembelajaran berbasis discovery learning yang meliputi: rencana pelaksanaan
pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan buku ajar dan dari penelitian ini untuk
mengetahui:1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis
discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika
siswa,2)Untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis
discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika
siswa,3)Untuk mengetahui keefektifan dan peningkatan kemampuan berpikir
kreatif siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery
learning.Perangkat yang dikembangkan terdiri dari RPP , buku ajar dan LAS.
Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060827
Medan Amplas yang berjumlah 25 siswa.Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap , yaitu :
define, develop, disseminat.Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa
1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun
konstruk,2) perangkat yang dikembangkan praktis digunakan,3)perangkat
pembelajaran yang dikembangkan efektif dilihat dari ketercapaian ketuntsan
belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon
siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik,4) adanya peningkatan
kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I sebesar 74,25 menjadi 80,33
pada uji coba II Hasil. Dari data yang telah diperoleh menunjukkan bahawa
perangkat pembelajaran berbasis discovery learning pada materi pecahan di kelas
V SD Negeri 060827 Medan Amplas adalah praktis dan efektif.untuk kemampuan
berpikir kreatif siswa telah terjadi peningkatan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Ram p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran, discovery learning, Kemampuan berpikir kreatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 May 2018 07:29 |
Last Modified: | 25 May 2018 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30484 |