Ayu, Masni Artika (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KLS III SD KARYA BAKTI HELVETIA KECAMATAN SUNGGAL 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182061 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM. 8156182061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3 NIM. 8156182061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3 NIM. 8156182061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4 NIM. 8156182061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5 NIM. 8156182061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6 NIM. 8156182061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7 NIM. 8156182061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 NIM. 8156182061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9 NIM. 8156182061 BAB I.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
13 NIM. 8156182061 BAB V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14 NIM. 8156182061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif jigsaw dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa
pada materi Mengamalkan makna Sumpah Pemuda di kelas III SD Swasta Karya
Bhakti Helvetia T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen
dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas III SD Karya Bakti Helvetia, yaitu sebanyak 2 kelas dengan jumlah 60
siswa.Pemilihan sampel diambil secara teknik total sampling yaitu dari dua kelas
yang ada keseluruhan ditetapkan sebagai sampel. Dengan demikian sampel
ditetapkan yakni kelas IIIA dan kelas IIIB. Penentuan kelas untuk penerapan
model pembelajaran ditentukan kelas IIIA yang terdiri dari 30siswa untuk kelas
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah)
dan disiplin belajar dan kelas IIIB yang berjumlah 30 siswa untuk kelas yang
diajarkan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dan disiplin belajar.
Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan
berganda sebanyak 30 butir dan instrumen disiplin belajar dalam bentuk angket
terdiri dari 70 item yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian
ini dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar PKn
peserta didik yang diajar dengan menggunakan dengan menggunakan model
pembelajaran tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang
diajar menggunakan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Hasil belajar PKn peserta didik yang memiliki disiplin belajar positif lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar PKn peserta didik yang memiliki disiplin
belajar negatif. Terdapat interaksi antara dan disiplin belajar dalam mempengaruhi
hasil belajar PKn peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Ayu p |
Keywords: | model pembelajaran tipe jigsaw, disiplin belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 May 2018 04:36 |
Last Modified: | 25 May 2018 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30479 |