SAMOSIR, ROTUA (2017) PENGARUH PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 060908 KEC. MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182072 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 8156182072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
3. NIM 8156182072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 8156182072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 8156182072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 8156182072 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 8156182072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8156182072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM 8156182072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. NIM 8156182072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 8156182072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di SD Negeri 060809 Kec. Medan Denai. Tujuan penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antar kelompok siswa yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Konvensional; pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional; Pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional; interaksi antara pendekatan SAVI dengan motivasi Belajar Siswa terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060809 Kec. Medan Denai yang berjumlah 50 0rang yang terbagi ke dalam 2 kelas, kelas eksperimen-1 diberikan pendekatan SAVI, dan kelas eksperimen -2 diberikan pendekatan Konvensional.Digunakan data dalam bentuk tes pilihan berganda dan angket motivasi belajar Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2x2 dengan teknik ANAVA 2 jalur. Sampel yang diteliti adalah kelas VI A dan VI B yang masing-masing berjumlah 26 dan 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan: (1) pengaruh hasil belajar antar kelompok siswa yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Konvensional ditunjukan Sig. 0.025 < 0.05, (2) pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional ditunjukan Sig. 0.000 < 0.05, (3) Pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional ditunjukan Sig. 0.000 < 0.05, (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan SAVI dengan motivasi Belajar Siswa terhadap hasil belajar siswa ditunjukan Sig. 0.838 > 0.05
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan SAVI, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 16:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30118 |