Singarimbun, Yosi Liza (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311075_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143311075_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 1143311075_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143311075_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1143311075_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 1143311075_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1143311075_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311075_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143311075_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1143311075_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 114311075_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan siswa dalam menyimak, kurangnya pemahaman dalam menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dan pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang bervariasi. Adapaun tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak dengan model Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas v SD Negeri 107399 Bandar Khalipah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 38 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan
menyimak cerita anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data pada tahap awal sebelum memasuki siklus I ada pretest. Dari 38 siswa 6 siswa (15,78%) tuntas dan 32 siswa (84,21%) tidak
tuntas. Kemudian hasil penelitian siklus I 18 siswa (47,37%) tuntas dan 20 siswa (52,63%) tidak tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan yang baik yaitu 34 siswa (89,47%) tuntas dan 4 siswa (10,53%) tidak tuntas. Selanjutnya hasil obseravsi aktivitas siswa pada siklus I yaitu dengan kriteria sangat baik 2 siswa (5,26), kriteria baik 9 siswa (23,68%), kriteria cukup 19 siswa (50%) dan kriteria kurang
8 siswa (21,05%). Pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa yaitu dengan kriteria sangat baik 5 siswa (13,15%), kriteria baik 18 siswa (47,36%), kriteri cukup 13 siswa (34,21%) dan kriteria kurang 2 siswa (5,26%). Hasil observasi aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I yaitu dengan skor 84 (84%) dengan kriteri baik dan pada siklus II dengan skor 95 (95%) dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak di kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 073 |
Keywords: | Contextual Teaching And Learning, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 14:03 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30000 |