MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TEMA INDAHNYA PERSAHABATAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018

Rasputri, Indah (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TEMA INDAHNYA PERSAHABATAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111037_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111037_COVER.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111037_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111037_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111037_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111037_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111037_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111037_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111037_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111037_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111037_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1141111037_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1141111037_BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111037_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111037_BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1141111047_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1141111047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang guru terapkan belum sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif yang guru lakukan kurang
menekankan siswa untuk membaca pemahaman. Kebiasaan belajar siswa yang cenderung semangat membaca tanpa memahami isi bacaan juga menjadi salah satu masalah dalam penelitian ini. Sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 106806 Cinta Rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian Siswa Kelas III SD Negeri 106806 Cinta Rakyat Tahun ajaran 2017/2018. Berjumlah 27 siswa, dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IIIA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus pembelajaran. Dengan 4 (empat) tahapan pada masing-masing siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi.
Hasil analisis data dari 27 siswa diperoleh kemampuan membaca pemahaman dengan hasil untuk kategori sangat rendah 9 siswa (33,33%), kategori rendah 5 siswa (18,52%), kategori sedang 7 siswa (25,93%), kategori tinggi 5 siswa (18,52%), dan kategori sangat tinggi 1 siswa (3,70%), dengan rata-rata
klaksikal sebesar 51,11. Dari hasil yang diperoleh di atas ditindaklanjuti ke siklus I dengan menggunakan model CIRC dan diperoleh hasil kemampuan membaca pemahaman untuk kategori sangat rendah 6 siswa (22,22%), kategori rendah 4
siswa (14,81%), kategori sedang 3 siswa (11,11%), kategori tinggi 8 siswa (29,63%), dan kategori sangat tinggi 6 siswa (22,22%), dengan rata-rata klaksikal sebesar 63,24. Perolehan siklus I secara signifikan meningkat dan ditindaklanjuti pada siklus II dengan perolehan nilai kemampuan membacapemahaman untuk kategori sangat rendah 2 siswa (7,41%), kategori tinggi 11 siswa (40,74%), dan
kategori sangat tinggi 14 siswa (51,85%), dengan rata-rata klaksikal sebesar 78,24. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tema indahnya Persahabatan di kelas III SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 060
Keywords: Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 20 Apr 2018 11:43
Last Modified: 18 Feb 2019 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29915

Actions (login required)

View Item
View Item