Simamora, Aswita Grace (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 066667 PERUMNAS MANDALA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156181003 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2 NIM. 8156181003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3 NIM. 8156181003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4 NIM. 8156181003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6 NIM. 8156181003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5 NIM. 8156181003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7 NIM. 8156181003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 8156181003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 8156181003 BAB I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13 NIM. 8156181003 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14 NIM. 8156181003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh
kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 066667
Perumnas Mandala Medan yang diajarkan dengan Model CIRC dan
Kontekstual, (2) mendeskripsikan pengaruh kemampuan menulis teks puisi
siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 066667 Perumnas Mandala Medan
yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, (3) mendeskripsikan
interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap
kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 066667
Perumnas Mandala Medan.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah
Dasar Negeri 066667 Perumnas Mandala yang terdiri dari dua kelas dengan
jumlah siswa sebanyak 63 siswa yang diambil secara random cluster
sampling yaitu kelas VI-A yang diajarkan dengan model pembelajaran
CIRC dan kelas VI-B yang diajarkan dengan menggunakan model
Kontekstual. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu
(quasi eksperimen) dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk
mengumpulkan data digunakan tes kemampuan menulis teks puisi dan
motivasi belajar siswa menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian
yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil keterampilan menulis teks puisi yang diajar dengan
CIRC dengan hasil keterampilan menulis teks puisi yang diajar dengan
Kontekstual teruji kebenarannya. Hal ini terbukti dari fhitung = 88,530 > ftabel
= 3,99 pada taraf signifikan 5%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model CIRC lebih baik dari
Kontekstual, (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks puisi pada
siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki
motivasi belajar rendah teruji kebenarannya. Hal ini dibuktikan dari Fhitung =
103,060 > Ftabel = 3,991 pada taraf signifikan 5%. Dengan kata lain dapat
disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks puisi pada siswa yang
memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki
motivasi belajar rendah, dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran
dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks
puisi. Hal ini dibuktikan dari Fhitung = 90,250 > Ftabel = 3,991 pada taraf
signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 370.15 Gra p |
Keywords: | Model Pembelajaran, Motivasi belajar, Kemampuan Menulis Teks Puisi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 01:56 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29870 |