PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

WULANDARI, ELLA (2018) PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 2133111019 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 2133111019 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 2133111019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 2133111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 2133111019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 2133111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 2133111019 ACNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
04. NIM 2133111019 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 2133111019 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 2133111019 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 2133111019 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 2133111019 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 2133111019 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 2133111019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 2133111019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 2133111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2133111019 CHAPTER V..pdf]
Preview
Text
12. NIM 2133111019 CHAPTER V..pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2133111019 BIBLIOGRAPHY..pdf]
Preview
Text
13. NIM 2133111019 BIBLIOGRAPHY..pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018 sebanyak 225 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan adalah Ex post facto. Data pemahaman struktur , ciri kebahasaan dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 50 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis bahwa data berdistribusi normal. Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis korelasi product moment pada taraf signifikan α 0,05 menunjukan nilai rhitung> rtabel yakni 0,545 > 0,334, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 4 Binjai tahun pembelajaran 2017/2018. Adanya hubungan yang signifikan pemahaman struktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks maka dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesisi nihil) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 048
Keywords: TEKS PROSEDUR KOMPLEKS; PEMAHAMAN STRUKTUR; CIRI KEBAHASAAN; KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Apr 2018 13:59
Last Modified: 17 Apr 2020 03:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29864

Actions (login required)

View Item
View Item