Sari, Desy Putri (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DAN TIPE ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMAN 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141012 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2. NIM. 4133141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3. NIM. 4133141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 4133141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4133141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 4133141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4133141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4133141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 4133141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM. 4133141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4133141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran Role Playing pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA Negeri 3 Pematangsiantar.Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pre-test and post-test. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pematangsiantar yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, sampel diambil dari populasi sebanyak dua kelas karena adanya kelas bersifat heterogen (unggulan) dan pemilihan sampel berdasarkan petunjuk dari guru pembimbing dan pihak sekolah. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 25 soal serta lembar observasi aktivitas siswa. Kelas XI IPA 3 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Role Playing. Kelas XI IPA 5 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Jigsaw. Dari hasil perhitungan uji-t dua pihak diperoleh thitung = 3,30 dan ttabel = 1,99, sehingga thitung > ttabel. Perolehan data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran tipe Jigsaw dan Role Playing terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Pematangsiantar. Dimana kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Jigsaw memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Role Playing. Aktivitas siswa pada pembelajaran tipe Jigsaw dan Role Playing dapat dikategorikan cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 038 |
Keywords: | JIGSAW; ROLE PLAYING; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:17 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29768 |