Syaputri, Chantria Novita (2017) PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMNPOSITION) DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141010 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4133141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
3. NIM 4133141010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM 4133141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM 4133141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM 4133141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4133141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM 4133141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM 4133141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. NIM 4133141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM 4133141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dengan Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi Jaringan Tumbuhan di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P.2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Medan terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata postes siswa yang diajar dengan CIRC adalah 84,12 dan nilai rata-rata postes siswa yang diajar dengan CIRC menggunakan peta konsep adalah 90,06. Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ini dibuktikan melalui uji-t pada taraf signifikan= 0,05 dan dk 62 diperoleh thitung > ttabel (3,079 > 1,999) maka penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CIRC dengan menggunakan Peta Konsep pada materi Jaringan Tumbuhan Di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 039 |
Keywords: | CIRC; CIRC dengan menggunakan Peta Konsep, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:17 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29766 |