PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMNPOSITION) DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P 2017/2018

Syaputri, Chantria Novita (2017) PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMNPOSITION) DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133141010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133141010 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133141010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133141010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133141010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133141010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133141010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133141010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133141010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133141010 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133141010 TABLES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133141010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133141010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133141010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133141010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133141010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133141010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133141010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dengan Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi Jaringan Tumbuhan di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P.2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Medan terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata postes siswa yang diajar dengan CIRC adalah 84,12 dan nilai rata-rata postes siswa yang diajar dengan CIRC menggunakan peta konsep adalah 90,06. Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ini dibuktikan melalui uji-t pada taraf signifikan= 0,05 dan dk 62 diperoleh thitung > ttabel (3,079 > 1,999) maka penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CIRC dengan menggunakan Peta Konsep pada materi Jaringan Tumbuhan Di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 039
Keywords: CIRC; CIRC dengan menggunakan Peta Konsep, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:17
Last Modified: 18 Feb 2019 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29766

Actions (login required)

View Item
View Item