Siringoringo, Sri Sari Rejeki (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEAENING (CTL) DENGAN STRATEGI QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142044 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 7131142044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
3. NIM. 7131142044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM. 7131142044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 7131142044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM. 7131142044 TABLES.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7. NIM. 7131142044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM. 7131142044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. NIM. 7131142044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM. 7131142044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
14. NIM. 7131142044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. NIM. 7131142044 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 6 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi pembelajaran Quis Team T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di jl. Jambi No 23-D Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan melalui tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 24 siswa tergolong aktif meningkat menjadi 30 siswa pada siklus II dengan kategori aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data hasil tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa (41,67%) dengan nilai rata-rata 66,38, sedangkan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (61,11%) dengan nilai rata-rata 76,11. Meningkat pada siklus II menjadi 30 siswa (83,33%) dengan nilai rata-rata 80 atau mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Sebagai indikator ketuntasan secara klasikal aktivitas adalah 80% siswa memperoleh skor 23 dan Hasil belajar adalah 80% siswa memperoleh nilai
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi Quiz Team dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar Metode Penilaian Persediaan kelas XI Akuntansi 2 di SMK Negeri 6 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 032 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dan Strategi Quiz Team |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29704 |