PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2017/2018

SIANIPAR, FRETTY ROLICA (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111035_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111035_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111035_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111035_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111035_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111035_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111035_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111035_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111035_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111035_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111035_BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111035_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111035_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia komptensi dasar mengomentari persoalan faktual. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
keterampilan berbicara siswa dengan menerapkan strategi Think Pair Share melalui pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101767 Tembung .Penelitian ini menggunakan desain Peneltian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu :perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 22 orang siswa. Sedangkan objek peneltian ini adalah
keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan strategi Think Pair Share. Alat pengumpulan data menggunakan tes lisan dan observasi.
Berdasarkan hasil observasi kemampuan awal peneliti bersama guru kelas V dari 22 orang siswa terdapat 2 orang siswa yang terampil berbicara dengan persentase 9,09% dan 20 orang siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase 90,90%. Kemudian pada siklus I pertemuan I dengan menggunakan strategi Think Pair Share, terdapat 4 orang siswa yang terampil berbicara dengan
persentase 18,18% dan 18 siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase 81,81% . Selanjutnya pada siklus I pertemuan II terdapat 12 orang siswa yang terampil berbicara dengan persentase 54,54 % dan 10 orang siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase 45,45%. Kemudian pada siklus II pertemuan I, terdapat 17 orang siswa yang terampil berbicara dengan persentase 77,27% dan 5 orang siswa yang tidak terampil berbicara dengan persentase 22,27%. Kemudian pada siklus II pertemuan II 22 siswa sudah terampil bericara
dengan persentase 100% dan tidak ada siswa yang tidak terampil berbicara. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II, telah terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa yang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan stretegi Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kompetensi dasar mengomentari persoalan faktual di kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 049
Keywords: KETERAMPILAN BERBICARA; STRATEGI THINK PAIR SHARE; PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:07
Last Modified: 18 Feb 2019 05:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29667

Actions (login required)

View Item
View Item