Marwanto (2017) ANALISIS PEMBINAAN KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SMA OLEH PENGAWAS DI KABUPATEN ACEH TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1.-NIM.-8156132079.-COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2.-NIM.-8156132079.-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
3.-NIM.-8156132079.-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4.-NIM.-8156132079.-PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5.-NIM.-8156132079.-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6.-NIM.-8156132079.-TABLE.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7.-NIM.-8156132079.-ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8.-NIM.-8156132079.-APPENDICE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9.-NIM.-8156132079.-CHAPTER-I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13.-NIM.-8156132079.-CHAPTER-V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14.-NIM.-8156132079.-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pelaksanaan supervisi
akademik oleh kepala sekolah. Salah satu alasannya adalah kurangnya kompetensi
kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik
kepala sekolah terhadap guru dan pembinaan kompetensi supervisi kepala SMA
oleh pengawas sekolah di kabupaten Aceh Tengah. Jenis penelitian yang
digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di tiga sekolah yakni SMA Negeri 6, 10, dan 12 Takengon dari
April sampai dengan Agustus 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode wawancara, studi dokumentasi, observasi. Validasi dilakukan dengan
triangulasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis kualitatif dari teori Miles
dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan supervisi akademik oleh kepala
sekolah masih rendah (26%). Sebagai bentuk pembinaan, dilakukan workshop
supervisi akademik kepada kepala sekolah oleh pengawas. Berdasarkan hasil
penelitian, maka pengawas disarankan agar lebih variatif dalam melaksanakan
bimbingan pada masa mendatang. Metode workshop hanya merupakan salah satu
cara dalam melakukan bimbingan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 Mar a |
Keywords: | Analisis, pembinaan, Pengawas Sekolah, supervisi akademik, kepala Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 08:28 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29632 |