Gultom, Rumintang Elisabet (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI MUSIK SISWA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156121021 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2 NIM. 8156121021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3 NIM. 8156121021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4 NIM. 8156121021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
6 NIM. 8156121021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5 NIM. 8156121021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
7 NIM. 8156121021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8 NIM. 8156121021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9 NIM. 8156121021 BAB I.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
13 NIM. 8156121021 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14 NIM. 8156121021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar Seni Musik siswa
yang diajarkan dengan metode pembelajaran demonstrasi dan hasil belajar Seni
Musik siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran drill. (2) Mengetahui
hasil belajar Seni Musik siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat
belajar rendah. (3) Mengetahui ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran
dengan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar seni musik siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SD Trijaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang
terdiri dari 64 siswa dan sebagai sampel dalam penelitian ini 30 orang siswa dan
siswa SD Gracia Sustain Medan yang terdri dari 67 siswa dan sebagai sampel
dalam penelitian ini 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1)
tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes psikomotorik
sebanyak dua buah lagu (2) lembar angket minat belajar siswa sebanyak 40 item.
Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta
koefisien reliabilitas. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan anava 2
jalur dimana sebelumnya dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas dan
homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (i) Hasil belajar siswa yang
menggunakan metode pembelajaran drill sebesar (25,30%) lebih besar daripada
siswa yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi sebesar (24,20%);
(ii) hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi sebesar (25,76%) lebih
besar dari siswa yang memiliki minat belajar rendah (24,10%) menunjukkan
minat belajar berbeda dan (iii) ada interaksi antara metode pembelajaran dan
minat belajar siswa terhadap hasil belajar seni musik. Hasil belajar seni musik
siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill yakni minat belajar tinggi
(27,13%) dan minat belajar rendah (23,38%) jika dibandingkan dengan siswa
yang diajar dengan metode pembelajaran demonstrasi yakni minat belajar tinggi
(24,97%) dan minat belajar rendah (24,21%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Gul p |
Keywords: | Metode Pembelajaran, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Seni Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Apr 2018 03:09 |
Last Modified: | 07 Apr 2018 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29592 |