Sopyan, Ahmad (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 105287 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111003_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1141111003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 1141111003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 1141111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM. 1141111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1141111003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1141111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1141111003_BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM. 1141111003_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 1141111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan model
pembelajaran Learning Cycle pada siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105287
Tembung T.A 2017/2018, dengan jumlah 25 siswa. Penelitian direncanakan pada
bulan Januari sampai bulan Maret. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model Learning
Cycle, lembar observasi minat belajar IPA siswa, angket minat belajar IPA siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh data sebagai berikut: Pada
pra tindakan jumlah siswa yang mendapat skor minat dengan kategori “berminat”
adalah 3 siswa (12%), “Cukup Berminat” 2 siswa (8%), “Kurang Berminat” 3
siswa (12%) dan “Belum Berminat” 17 siswa (68). Kemudian setelah diberikan
tindakan pada siklus I hasil minat siswa mengalami peningkatan yaitu “Berminat”
12 siswa (48%), “Cukup Berminat” 9 siswa (36%), “Kurang Berminat” 3 siswa
(12%) dan “Belum Berminat” 1 siswa (4%). Pada Siklus II minat siswa
mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu “Sangat Berminat” 13 siswa
(52%), “Berminat” 11 siswa (44%), “Cukup Berminat” 1 siswa (4%).
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan dari analisis data dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Learning Cycle dapat
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri
105287 Tembung T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 022 |
Keywords: | Kooperatif, Learning Cycle, Minat, Ipa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 15:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29576 |