UNSPECIFIED (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SD NEGERI 104214 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111066_COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 1141111066_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 1141111066_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 1141111066_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 1141111066_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 1141111066_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1141111066_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 1141111066_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111066_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1141111066_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
14. NIM. 1141111066_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 1141111066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan belajar siswa pada materi menyimak cerita pendek, rendahnya konsentrasi siswa dalam menyimak cerita pendek sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa merasa bosen disebabkan materi yang kurang menarik, kurangnya pemberian latihan peserta didik pada materi cerita pendek dan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga guru cenderung menggunakan metode ceramah. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek siswa di kelas V-2 dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay di SD Negeri 104214 Deli Tua T.A 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104214 Deli Tua, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-2 SD Negeri 104214 Deli Tua yang berjumlah 37 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak cerita pendek siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes yang berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor/nilai individu, mencari nilai rata-rata kelas, menghitung ketuntasan secara klasikal dan menghitung nilai observasi. Berdasarkan analisis data dari jumlah siswa 37 orang diperoleh hasil pretest (tes awal), siswa tuntas belajar sebanyak 8 siswa dengan persentase 21,62% dan yang tidak tuntas sebanyak 29 siswa dengan persentase 78,38% dan rata-rata klasikal sebesar 59,70. Setelah pelaksanaan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay diperoleh siswa tuntas belajar sebanyak 15 siswa dengan persentase 40,54% dan yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa dengan persentase 59,46% dan rata-rata klasikal meningkat sebesar 72,94. Dari perolehan hasil siklus I peneliti menindaklanjut pada siklus II dengan perolehan siswa tuntas belajar sebanyak 33 siswa dengan persentase 89,19% dan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 10,81% dan rata-rata klasikal meningkat sebesar 88,60. Dari perolehan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek siswa pada pokok bahasan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek di kelas V-2 SD Negeri 104214 Deli Tua T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 014 |
Keywords: | COURSE REVIEW HORAY, PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 10:16 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29565 |