Safitri, Adek (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMAN 8 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172002 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. NIM. 8156172002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
3. NIM. 8156172002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 8156172002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 8156172002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM. 8156172002 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 8156172002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 8156172002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
12. NIM. 8156172002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM. 8156172002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh
pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan menggunakan peta
konsep terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Apakah terdapat pengaruh
pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan menggunakan peta
konsep terhadap disposisi matematis siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran
dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika (KAM) siswa terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA
Negeri 8 Padangsidimpuan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas, kelas XI
IPA-3 (25 siswa) dan kelas XI IPA-4 (25 siswa). Kelas eksperimen diberi
perlakuan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep dan
kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan
terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis, (2) angket disposisi
matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas,
serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan
disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan
pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep. (2) Terdapat pengaruh
yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan
pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep. (3) Tidak
terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal
matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (4) Tidak
terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal
matematika terhadap disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Saf p |
Keywords: | Techer Center ; Komunikasi ; Berbudaya ; Kendali |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Apr 2018 07:24 |
Last Modified: | 02 Apr 2018 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29554 |