PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOKSANGGUL

Simamora, Sandro Josepson (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 DOLOKSANGGUL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126172033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126172033 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126172033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126172033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (893kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126172033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126172033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126172033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126172033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126172033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126172033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126172033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126172033 TABLES.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126172033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126172033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126172033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126172033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8126172033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8126172033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126172033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126172033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran untuk topik
sistem persamaan linear satu variabel di kelas VII SMP N 3 Doloksanggul,
mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam
pembelajaran berdasarkan masalah. Perangkat pembelajaran dikatakan baik jika
setelah divalidasi dan dilakukan uji coba, memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan,
yaitu untuk tiap pertemuan harus memenuhi: aktivitas siswa dalam pembelajaran
berada pada batas toleransi waktu ideal, kemampuan guru mengelola pembelajaran
minimal cukup baik, respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif, dan tes
hasil belajar valid, reliabel, dan sensitif. Selanjutnya, PBM efektif jika hasil belajar
siswa secara klasikal tuntas, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup
baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, dan respon siswa terhadap kegiatan
pembelajaran positif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 3
Doloksanggul, dan sampelnya dipilih secara acak yaitu VII-E dan VIII-A yang
masing- masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes komunikasi
matematik siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah
memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,93. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketercapaian kemampuan komunikasi matematis
siswa dalam pembelajaran berbasis masalah yaitu secara klasikal sebesar 87,50%
sedangkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada ujicoba I yaitu
2,73 meningkat menjadi 3,05 pada ujicoba II. Aspek kemampuan komunikasi
matematis yang paling tinggi peningkatannya adalah pada aspek menggambar; (2)
aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran dalam pembelajaran berbasis masalah
sudah berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran; dan (3) respon siswa
terhadap komponen dalam proses pembelajaran berbasis masalah sudah menunjukkan
respon yang positip. Peneliti menyarankan agar pembelajaran berbasis masalah
menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis
siswa Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model
4-D Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri
dari tiga tahap, yaitu: pendefinisisian, perancangan, dan pengembangan. Data
penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pembelajaran, buku siswa, buku guru,
lembar aktivitas siswa, dan tes hasil belajar, telah memenuhi kriteria baik/valid;

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sim p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:24
Last Modified: 29 Mar 2018 07:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29549

Actions (login required)

View Item
View Item