Lubis, Nuranisah (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171062 Cover Tesis.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM 8146171062 Lembar Pengesahan Tesis.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8146171062 Abstrak.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM 8146171062 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 8146271062 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM 8146171062 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM 8146171062 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM 8146171062 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM 8146171062 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8146171062 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14 NIM 8146171062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih tinggi daripada siswa
yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan kemandirian
belajar matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran metakognitif lebih baik daripada siswa yang menggunakan
pembelajaran biasa, (3) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran
metakognitif dengan kemampuan awal matematik (KAM) siswa terhadap
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (4) Apakah
terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dengan
kemampuan awal matematis (KAM) siswa terhadap peningkatan kemandirian
belajar matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8
Medan TP. 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 sebagai
kelas eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metakognitif
dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran biasa.
Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) test kemampuan pemecahan masalah
matematika, (2) angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan
analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1)
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan
dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan
pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang
diajarkan dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada peningkatan
kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi
antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi
antara pembelajaran deng
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 518.071 2 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran Metakognitif, Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 03:36 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29548 |