Siboro, Mei Uli Odorma (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN M3PK DAN PBL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA eXe –LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156142007 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2 NIM. 8156142007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3 NIM. 8156142007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4 NIM. 8156142007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5 NIM. 8156142007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
6 NIM. 8156142007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7 NIM. 8156142007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8 NIM. 8156142007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
9 NIM. 8156142007 BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13 NIM. 8156142007 BAB V.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
14 NIM. 8156142007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh Model
Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media eXeLearning dan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media eXeLearning, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah
terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan
sampel secara random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang
dibelajarkan dengan model M3PK dengan menggunakan media eXe-Learning sebanyak
38 siswa. Kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model PBL sebanyak 38 siswa.
Instrument dalam penelitian ini adalah instrument tes pilihan ganda dengan nilai
R11(0,8058) dan non tes angket motivasi dengan nilai R11(0,787). Dilakukan uji
persyaratan berupa uji normalitas dan uji homogenitas, hasil yang diperoleh adalah data
terdistribusi normal dan homogen nilai Fhitung (0,951) < FTabel (3,18).Teknik analisis data
menggunakan varian dua jalur (two way ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) terdapat perbedaan pengaruh model mengajar menginduksi perubahan konsep
menggunakan media eXe-Learning dan model problem based learning terhadap hasil
belajar siswa dengan nilai sig (p=0,03<0,05) dan nilai Fhitung sebesar 7.546 > 4.11 (F.Tabel);
(2) terdapat perbedaan pengaruh tingkat motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar
rendah terhadap hasil belajar siswa dengan sig (p=0,00<0,05) dan Fhitung sebesar 19.308 >
4,11 (F.Tabel);(3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran M3PK dan PBL
menggunakan media eXe-Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa
dengan sig(p=0,02<0,05) dan Fhitung sebesar 5.690 > 4.11 (F.Tabel). Siswa yang memiliki
motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model mengajar menginduksi perubahan
konsep dengan menggunakan media eXe-Learning memiliki rata-rata N-gain yang paling
tinggi sebesar 0,865.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Sib p |
Keywords: | Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep,Problem Based Learning, Media Exe-Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 07:36 |
Last Modified: | 23 Mar 2018 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29530 |