Aprilianto, Candra (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP SWASTA RANTAU KUALASIMPANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136172013 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8136172013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
3. NIM. 8136172013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 8136172013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM. 8136172013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 8136172013 TABLES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM. 8136172013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 8136172013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8136172013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. NIM. 8136172013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh Pendekatan (SAVI)
terhadap kemampuan komunikasi matematis, keterampilan sosial, dan aktivitas
siswa selama proses pembelajaran menggunakan SAVI dan pengajaran langsung.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Dharma Patra. Jenis penelitian adalah
pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas
eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh
melalui tes KAM, tes kemampuan komunikasi matematis, angket keterampilan
sosial. Data dianalisis melalui uji ANAVA dua jalur. Sebelum uji ANAVA dua
jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas data pada taraf
signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes komunikasi
matematis kelas eksperimen adalah 10,9 dan kelas kontrol adalah 9,4 dengan nilai
sig = 0, dengan 0 < α = 0,05 maka kemampuan komunikasi matematis siswa yang
diajar dengan pendekatan (SAVI) lebih tinggi daripada yang diajar melalui
pengajaran langsung. Keterampilan sosial siswa eksperimen dan kontrol adalah
131,61 dan 118,82 dengan 0 < α = 0,05 maka keterampilan sosial siswa yang
diajar dengan Pendekatan (SAVI) lebih tinggi daripada yang diajar melalui
pengajaran langsung. Nilai signifikan komunikasi matematis dan keterampilan
sosial siswa sebesar 0,000, karena 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan
komunikasi matematis dan keterampilan sosial siswa yang diberikan pendekatan
pembelajaran SAVI dan pengajaran langsung. Kadar aktivitas aktif siswa telah
memenuhi waktu persentase ideal yang ditetapkan dalam bab III. Jadi dapat disimpulkan
bahwa pengaruh pendekatan SAVI terhadap kemampuan komunikasi matematis dan
keterampilan sosial siswa lebih baik daripada pengajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.207 12 Apr p |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran (SAVI), komunikasi matematis, keterampilan sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 04:52 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29401 |