Saing, Aron Rinol (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI KELAS XI SMA BERBASIS POTENSI LOKAL DI SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8146174003 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2 Nim 8146174003 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3 Nim 8146174003 Abstract.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4 Nim 8146174003 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5 Nim 8146174003 Table of Content.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6 Nim 8146174003 List of Table.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7 Nim 8146174003 List of Figure.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
8 Nim 8146174003 Appendices.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
9 Nim 8146174003 Chapter I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13 Nim 8146174003 Chapter V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14 Nim 8146174003 References.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
Abstract
Buku ajar merupakan sumber belajar dan sarana keberhasilan proses belajar mengajar. Pembelajaran biologi di sekolah hendaknya terkait dengan lingkungan dimana peserta didik tinggal. Buku ajar berbasis potensi lokal akan membuat siswa lebih aktif dan menarik minat siswa untuk mengenal potensi lokal di daerahnya yang akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan isi dan kelayakan penyajian buku ajar biologi kelas XI SMA/MA berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan menurut ahli materi; (2) Kelayakan desain buku ajar biologi kelas XI SMA/MA berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan menurut ahli desain; (3) Mengetahui kelayakan buku ajar biologi kelas XI SMA/MA berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan menurut siswa dan guru biologi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model Four-D dari Thiagarajan, yang meliputi 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian pengembangan ini akan menghasilkan suatu produk buku ajar biologi yang berbasis potensi lokal Sumatera Utara untuk kelas XI SMA/MA semester ganjil. Data tentang kualitas produk pengembangan ini didapatkan dengan angket yang diberikan kepada validator materi, sosial budaya, desain buku ajar serta guru biologi dan siswa kelas XI SMA/MA di SMA Negeri 1 Tarutung, kemudian dianalisis dengan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji materi tentang kelayakan isi, bahasa dan penyajian buku ajar berada pada kriteria sangat baik (88%); (2) Uji desain buku ajar berada pada kriteria sangat baik (92%); (3) Penilaian guru mata pelajaran biologi berada pada kriteria baik (75%); (4) Penilaian siswa perorangan berada pada kriteria baik (78%); (5) Penilaian siswa kelompok kecil berada pada kriteria baik (80%); dan (6) Penilaian siswa kelompok terbatas berada pada kriteria sangat baik (84%), maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan buku ajar biologi berbasis potensi lokal Sumatera Utara ini layak digunakan sebagai buku ajar kelas XI SMA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sai p |
Keywords: | Pengembangan Media, Buku Ajar, Potensi Lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 08:42 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29321 |