Nasution, Irda Wahidah (2017) PERBANDINGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN PENEMUAN TERBIMBING. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8156174009 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 Nim 8156174009 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3 Nim 8156174009 Abstract.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4 Nim 8156174009 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5 Nim 8156174009 Table of Content.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
6 Nim 8156174009 List of Table.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7 Nim 8156174009 List of Figures.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8 Nim 8156174009 Appendices.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 Nim 8156174009 Chapter I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13 Nim 8156174009 Chapter V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14 Nim 8156174009 References.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif dan kemampuan menulis ilmiah siswa pada materi ekosistem dalam kajian pembelajaran biologi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan penemuan terbimbing (GD) di kelas X MAS Al-Wasliyah. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen sebagai kontrol pretes-postes non ekuivalen grup desain. Sampel penelitian ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-A dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek, dan kelas X-B dibelajarkan dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil keterampilan metakognitif dengan menggunakan angket, dan tes essay untuk kemampuan menulis ilmiah siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan keterampilan metakognitif yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dan penemuan terbimbing (thit = 2,05; P = 0,04) dan ada juga perbedaan yang signifikan kemampuan menulis ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan model berbasis proyek dan penemuan terbimbing (thit = 2,211; P = 0,03). Hasil penelitian menunjukkan implementasi dari model pembelajaran berbasis proyek pada materi ekosistem dalam proses pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan kemampuan menulis ilmiah siswa Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 57 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Proyek, Penemuan Terbimbing, Keterampilan Metakognitif, Kemampuan Menulis Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2018 08:37 |
Last Modified: | 14 Feb 2018 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29319 |