PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMA UISU MEDAN

Lubis, Nurhafni (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMA UISU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188910008 - Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188910008 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910008 - Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188910008 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910008 - Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188910008 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910008 - Bab-I.pdf]
Preview
Text
1500081188910008 - Bab-I.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910008 - Bab-V.pdf]
Preview
Text
1500081188910008 - Bab-V.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910008 - Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188910008 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran discovery dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan basil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran discovery dan pembelajaran konvensional (2) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran discovery dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan keterampilan sosial siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran discovery dan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA UISU Medan. Sampel diambil dari kelas X1 sebanyak 38 orang, kelas X2 sebanyak 40 orang dan kelas X3 sebanyak 40 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan Anacova dan Anava. Uji lanjut digunakan uji Scheffe dengan terlebih dahulu menganalisis uji persyaratan, berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Realibilitas tes hasil belajar = 0,902 ternyata lebih besar dari haw = 0,355, maka tes yang diuji coba reliabel. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran discovery dalam tatanan kooperatif tipe STAD (rata-rata = 84,11) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran discovery (rata-rata = 80,60) dan pembelajaran konvensional (rata-rata = 76,30). (2) Keterampilan sosial siswa dengan menggunakan pembelajaran discovery (rata-rata = 80,60) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran discovery dalam tatanan kooperatif tipe STAD (rata-rata = 68,08) dan pembeiajaran konvensional (65,75). Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran discovery dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa. Dengan demikian maka hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para guru biologi agar menggunakan pembelajaran discovery sebagai tambahan praktikum biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 Lub p
Keywords: Hasil Belajar; Discovery; Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Apr 2016 19:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item
View Item