PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA PADA POKOK BAHASA ASAM BASA

Astuti, Ika (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA PADA POKOK BAHASA ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188430006 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188430006 abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188430006 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188430006 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188430006 bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188430006 bab I.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188430006 bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188430006 bab V.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (I) apakah hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komputer berbasis macromedia flash Iebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media. (2) apakah motivasi belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komputer berbasis macromedia flash Iebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media. Populasi sebanyak 110 orang dari SMA Panca I3udi. Sampel yang digunakan sebanyak 76 orang dari kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan kuisioner motivasi belajar. Dari 30 item soal, sebanyak 20 item soal valid dan digunakan sebagai instrumen penelitian. Pengujian reliabilitas tes diperoleh R11 = 0.91. dalam penelitian ini, uji lanjut yang digunakan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dengan terlebih dahulu menganalisis uji prasyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas.Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa: (1) Hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Macromedia flash Iebih tinggi f-c.stra signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan tanpa media (p sig = 0,015). (2) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan Macromedia flash Iebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan tanpa media (p = 0,000).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 546.240 71 Ast p
Keywords: Pembelajaran;Motivasi;Media Programs (Education);Kimia;Makromedia;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Apr 2016 19:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item
View Item