Berutu, Nova Lestari (2017) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 STTU JULU PAKPAK BHARAT T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133321026 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 3133321026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM. 3133321026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4. NIM. 3133321026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM. 3133321026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. NIM. 3133321026 TABLE LIST.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. NIM. 3133321026 LIST IMAGE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 3133321026 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 3133321026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 3133321026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 3133321026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 STTU Julu Pakpak Bharat. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 STTU Julu Pakpak Bharat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari populasi secara acak yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 orang. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Desain penilitian adalah two group pre-test,
post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengujian instrument tes hasil belajar adalah dengan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan metode
SQ3R diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 76,13 dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata post-test 47,04. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan
homogen. Hasil pengujian hipotesis uji-t pada nilai post-test diperoleh t > ttabel = 2,289 > 1,679, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain hasil belajar siswa yang diajar dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 STTU Julu Pakpak Bharat T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 003 |
Keywords: | METODE SQ3R, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:53 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29147 |