PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI FUNGSI EKSPONENSIAL KELAS X MAN 1 MEDAN T.A 2017/2018

Sari, Prafti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI FUNGSI EKSPONENSIAL KELAS X MAN 1 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 4133311055 COVER .pdf]
Preview
Text
1.NIM 4133311055 COVER .pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133311055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133311055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4133311055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4133311055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4133311055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4133311055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4133311055 CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4133311055 CONTENT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133311055 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133311055 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133311055 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133311055 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133311055 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133311055 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133311055 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133311055 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133311055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133311055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133311055 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133311055 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133311055  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133311055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi fungsi eksponensial kelas X MAN 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 213 siswa yang tersebar dalam 5 kelas. Sedangkan yang menjadi eksperimen dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-Mia 1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelas yaitu kelas yaitu kelas X-mia 3 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Jumlah sampel diperoleh dengan teknik random sampling dengan menggunakan rumus Slavin.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Yang digunakan dalam penelitian ini sebagai alat pengumpul data yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kratif matematika siswa adalah pretes dan postest dalam bentuk tes uraian pada materi fungsi eksponen sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data tes dengan menggunakan uji Lilifors dan homogenitas data tes dengan menggunkan uji F. Dari kedua pengujian tersebut diperoleh bahwa kedua kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan data yang di peroleh (nilai rata-rata menggunakan model problem posing)= 76,61, (nilai rata-rata menggunakan model konvensional)= 67,03, dan > , berdasarkan uji anava diperolehH1 : µ1 ≠ µ2 diterima dalam taraf nyata 0,05. Pengaruh kedua model pembelajaran itu terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa berbeda secara nyata.Dari kedua hasil didapatkan kesimpulan bahwamodel pembelajaran yang lebih baik adalah model pembelajaran Problem Posing dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Problem Posing Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas X MAN 1 Medan T.A 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 003
Keywords: problem posing learning, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:49
Last Modified: 19 Mar 2018 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29090

Actions (login required)

View Item
View Item