Sari, Prafti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI FUNGSI EKSPONENSIAL KELAS X MAN 1 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4133311055 COVER .pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 4133311055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
3.NIM 4133311055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4 NIM 4133311055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
5.NIM 4133311055 CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM 4133311055 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 4133311055 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM 4133311055 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
9. NIM 4133311055 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (864kB) | Preview
13. NIM 4133311055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
14. NIM 4133311055 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
15. NIM 4133311055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi fungsi eksponensial kelas X MAN 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 213 siswa yang tersebar dalam 5 kelas. Sedangkan yang menjadi eksperimen dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-Mia 1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan satu kelas yaitu kelas yaitu kelas X-mia 3 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Jumlah sampel diperoleh dengan teknik random sampling dengan menggunakan rumus Slavin.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Yang digunakan dalam penelitian ini sebagai alat pengumpul data yaitu instrumen tes kemampuan berpikir kratif matematika siswa adalah pretes dan postest dalam bentuk tes uraian pada materi fungsi eksponen sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data tes dengan menggunakan uji Lilifors dan homogenitas data tes dengan menggunkan uji F. Dari kedua pengujian tersebut diperoleh bahwa kedua kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Berdasarkan data yang di peroleh (nilai rata-rata menggunakan model problem posing)= 76,61, (nilai rata-rata menggunakan model konvensional)= 67,03, dan > , berdasarkan uji anava diperolehH1 : µ1 ≠ µ2 diterima dalam taraf nyata 0,05. Pengaruh kedua model pembelajaran itu terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa berbeda secara nyata.Dari kedua hasil didapatkan kesimpulan bahwamodel pembelajaran yang lebih baik adalah model pembelajaran Problem Posing dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Problem Posing Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas X MAN 1 Medan T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 003 |
Keywords: | problem posing learning, kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:49 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29090 |