INDRASWARI, ARTIKA (2016) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR VIRTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DI SMP PERGURUAN SUMATRA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311049 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4133311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4133311049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4133311049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM 4133311049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4133311049 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4133311049 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4133311049 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4133311049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
13. NIM 4133311049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4133311049 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilakukan SMP Perguruan Sumatra Kecamatan Tanjung Morawa tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Postest Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah 66 siswa kelas VIII yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematik berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dianalisis dengan menggunakan gain ternormalisasi. Diperoleh rata-rata N-Gain di kelas eksperimen yaitu 0,51 sedangkan di kelas kontrol adalah 0,33. Hal ini berarti pengaruh pendekatan matematika realistik melalui lingkungan belajar virtual terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa lebih tinggi dari yang diajar dengan pendekatan matematika realistik di SMP Perguruan Sumatra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 047 |
Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik; Lingkungan Belajar Virtual; Edmodo; Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:46 |
Last Modified: | 16 Mar 2018 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29026 |