LUMBANTOBING, NELLY CATRINA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X MIA SEMESTER II SMA NEGERI 2 TARUTUNG T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132121017 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM 4133321011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM 4133321011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 4133321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 4132121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 4132121017 TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM 4133321011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM 4132121017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM 4133321011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4133321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.P. 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung yang terdiridari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telahdi validasi yang kedua adalah lembar observasi aktivitas menyelidiki siswa.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 23,25 dan kelas kontrol adalah 22,17, setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,10 dan kelas kontrol 71,30. Pada proses pembelajaran Problem Based Learning dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,531 > 1,671 hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 042 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING;HASIL BELAJAR;AKTIVITAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:43 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28974 |