PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FISIKA DI SMA NEGERI 14 MEDAN

SIMANJUNTAK, YOHANNA DWITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FISIKA DI SMA NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133121061 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133121061 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133121061 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133121061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133121061 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133121061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133121061 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133121061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133121061 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133121061 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133121061 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133121061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133121061 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133121061 TABLES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133121061 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133121061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133121061 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133121061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133121061 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133121061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133121061 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133121061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar keterampilan proses sains (KPS) siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry (GI) serta sikap dan aktivitasnya pada materi Fluida Dinamis.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMAN 14 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 (kelas eksperimen) berjumlah 31 siswa dan kelas XI MIPA 4 (kelas kontrol) yang berjumlah 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling,
yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Guided Inquiry (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penilaian yang digunakan adalah penilaian keterampilan proses sains (KPS) siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes esai, jumlah soal 8 item yang telah divalidkan oleh validator, observasi sikap dan aktivitas keterampilan proses sains (KPS) siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 28,54 dan kelas kontrol adalah 24,84, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71,61 dan kelas kontrol 60,78. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 4,87 sedangkan ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel (4,87>1,99) maka Ho ditolak. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry
(GI) terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 048
Keywords: MODEL GI, KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:42
Last Modified: 12 Mar 2018 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28959

Actions (login required)

View Item
View Item