Purba, Maringan Fransisko (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XII MIA SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 9 MEDAN T.P.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121034 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4133121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM. 4133121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 4133121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM. 4133121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 4133121034 TABLES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM. 4133121034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 4133121034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4133121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM. 4133121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4133121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa dan aktivitas siswa pada materi gelombang bunyi.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XII MIA-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas XII MIA-3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen tes pengetahuan konseptual dan instrumen observasi aktivitas belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 31,07 dan rata-rata nilai pretes kelas kontrol 29,05. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,957 dan ttabel = 1,992 sehingga thitung < ttabel berarti kemampuan awal peserta didik kedua kelas sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 76,19 dan rata-rata nilai postes kelas kontrol sebesar 71,90. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan I 64,92%, dan pertemuan II 77,33 %. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,06 > 1,99 pada taraf signifikansi α = 0,05, yang berarti Ha diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XII MIA semester ganjil SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 049 |
Keywords: | Kooperatif tipe group investigation; pengetahuan konseptual; aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:42 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28953 |