Miftahurrahmah (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN QUANTUM TEACHING DI MAN 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111022 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4131111022 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
3. NIM 4131111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4131111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM 4131111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 4131111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4131111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4131111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 4131111022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
13. NIM 4131111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM 4131111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5e lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Medan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling, didapatkan siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah divalidkan dengan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data posttest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data posttest diperoleh thitung = 2,403 sedangkan ttabel = 1,667. Karena thitung > ttabel (2,403 > 1,667), maka Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5e lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 053 |
Keywords: | Eksperimen Semu; Learning Cycle 5e; Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 16:14 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28936 |