NASUTION, HARIS SULAIMAN (2018) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA BANDUNG MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342019_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133342019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM. 7133342019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM. 7133342019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 7133342019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
6. NIM. 7133342019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 7133342019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133342019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7133342019_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM. 7133342019_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 7133342019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Bandung Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Solving dan Quiz Team di kelas XI AK SMK Swasta Bandung Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bandung Medan yang beralamat di Jl. Pengabdian No. 72, Bandar Setia, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak SMK Swasta Bandung Medan sebanyak 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Solving dan Quiz Team untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif.Hasil analisis data hasil belajar yang diperoleh pada siklus I persentase siswa yang tuntas mencapai 64% dan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai 15,36 (64%) kategori kritis. Pada siklus II persentase siswa yang tuntas 88% dan kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai 18,56(77,33%) dalam kategori kritis, serta peningkatan nilai rata-rata siswa yang terjadi pada siklus I rata-rata 75 dan siklus II rata-rata 85,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi meningkat dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Solving dan Quiz Team pada siswa kelas XI AK SMK Swasta Bandung Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 029 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING, MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM, HASIL BELAJAR AKUNTANSI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 15:59 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28920 |