Sinaga, Sari Dewi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TT PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341038 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM 4133341038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM 4133341038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. NIM 4133341038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5.NIM 4133341038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 4133341038 TABLES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM 4133341038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 4133341038 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM 4133341038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
13. NIM 4133341038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4133341038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Time Token (TT) pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 80 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas XI IPA 2 (kelas NHT) sebanyak 40 orang, dan kelas XI IPA 4 (kelas TT) sebanyak 40 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran NHT sebesar 84.2 dengan SD 6.87 dan hasil belajar model TT sebesar 79.63 dengan SD 7.99. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif NHT dengan TT pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Selain itu ditemukan juga perbedaan peningkatan aktivitas siswa dengan pembelajaran model kooperatif NHT dan TT sebesar 2.4, kelas NHT (70.63) lebih tinggi daripada kelas TT (68.2). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif NHT dengan TT pada materi sistem pertahanan tubuh manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 029 |
Keywords: | Hasil belajar siswa, aktivitas siswa, model NHT, model TT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 14:16 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28911 |