UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IX SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN

SITUNGKIR, JONTER (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS IX SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133311054. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133311054. COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133311054. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133311054. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133311054. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133311054. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133311054. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133311054. PREFACE.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133311054. TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133311054. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133311054. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133311054. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133311054. TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133311054. TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133311054. APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133311054. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133311054. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133311054. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133311054. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133311054. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133311054. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133311054. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Researh). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Instrumen penelitian ini melalui tes kemampuan komunikasi dan observasi. Soal tes hasil belajar berbentuk uraian, disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari empat soal. Sebelum tes diujikan, terlebih dahulu soal-soal divalidkan.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Dari tes kemampuan komunikasi matematis pada siklus I diperoleh 17 siswa (53,125%) yang memenuhi kemampuan komunikasi matematis (nilainya ≥ 70) dan 15 siswa (46,875%) yang belum memenuhi kemampuan komunikasi matematis dengan rata-rata kelas 66,32. Pada siklus II diperoleh 28 siswa (87,5%) yang memenuhi kemampuan komunikasi matematis dan 4 siswa (12,5%) yang tidak memenuhi tingkat kemampuan komunikasi matematis dengan rata-rata kelas 77,64. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kemampuan komunikasi matematis sebanyak 11 siswa dan rata-rata kelas meningkat sebesar 11,32. Berdasarkan rata-rata hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilakasanakan oleh guru (peneliti) mengalami peningkatan sebesar = 18,94%,rata-rata observasi guru siklus I = 73,86% (kategori cukup baik), sedangkan pada siklus II rata-rata hasil observasi guru = 92,80% (kategori sangat baik) dan rata-rata hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan sebesar 20,83%, rata-rata observasi siswa siklus I = 70,83% (kategori cukup baik) sedangkan rata-rata observasi siswa siklus II = 91,66% (kategori sangat baik).Karena telah memenuhi kriteria kemampuan komunikasi matematis siswa (Indikator dalam penelitian telah tercapai) dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 046
Keywords: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS;PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:22
Last Modified: 12 Mar 2018 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28881

Actions (login required)

View Item
View Item