Lase, Yaadi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI DI SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131121047 - COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4131121047 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 4131121047 - ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 4131121047 - PREFACE .pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 4131121047 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 4131121047 - TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4131121047 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4131121047 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4131121047 - CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 4131121047 - CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 4131121047 - BLIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 17 Medan T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal serta observasi keterampilan proses sains siswa. Hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,95 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 40,38. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji pretes pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,76 dan kelas kontrol 67,04. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis kelas XI SMAN 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 006 |
Keywords: | Inqury Training, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains (KPS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28729 |