PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PRAGA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA STRUKTUR ATOM

Dewy, Mey Rasmi Novita (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PRAGA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133331068 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133331068 COVER.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133331068 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133331068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133331068 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133331068 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133331068 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133331068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133331068 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133331068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133331068 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133331068 TABLES.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133331068 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133331068 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133331068 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133331068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133331068 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133331068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4133331068 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4133331068 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133331068 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133331068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa antara dengan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Struktur Atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X Madrasah Aliyah Subulussalam Sumberjo yang berjumlah 2 kelas. Setiap kelasnya bersampel 30 Siswa. Kelas pertama dijadikan kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Kelas kedua dijadikan sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung Direct Instruction (Pembelajran Langsung). Untuk Syarat uji hipotesis dan hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogen. menggunakan uji Idenpendent Sampel t-Test dan hasil yang diperoleh harga thitung > ttabel, maka Ha diterima, dimana hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media Alat Peraga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa Pembelajaran Langsung. thitung > ttabel=2,879 > 1,998 (Diterima). Dengan ini menunjukkan bahwa hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak, yang berarti hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunkan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 019
Keywords: Hasil Belajar Kimia Siswa, Struktur Atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:11
Last Modified: 18 Feb 2019 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item
View Item