Dewy, Mey Rasmi Novita (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PRAGA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133331068 COVER.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2. NIM 4133331068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4133331068 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 4133331068 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM 4133331068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM 4133331068 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7. NIM 4133331068 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 4133331068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM 4133331068 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
12. NIM 4133331068 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
14. NIM 4133331068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa antara dengan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Struktur Atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas X Madrasah Aliyah Subulussalam Sumberjo yang berjumlah 2 kelas. Setiap kelasnya bersampel 30 Siswa. Kelas pertama dijadikan kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Kelas kedua dijadikan sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung Direct Instruction (Pembelajran Langsung). Untuk Syarat uji hipotesis dan hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogen. menggunakan uji Idenpendent Sampel t-Test dan hasil yang diperoleh harga thitung > ttabel, maka Ha diterima, dimana hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunakan Media Alat Peraga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa Pembelajaran Langsung. thitung > ttabel=2,879 > 1,998 (Diterima). Dengan ini menunjukkan bahwa hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak, yang berarti hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Menggunkan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Struktur Atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 019 |
Keywords: | Hasil Belajar Kimia Siswa, Struktur Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28659 |