PAKPAHAN, LINDANG MARTURASI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121031 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4133121031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 4133121031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4133121031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM. 4133121031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4133121031 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4133121031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4133121031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
![[thumbnail of 10. NIM. 4133121031 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 4133121031 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM. 4133121031 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 4133121031 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (870kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 4133121031 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 4133121031 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (934kB)
13. NIM. 4133121031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM. 4133121031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
![[thumbnail of 15. NIM. 4133121031 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 4133121031 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui hasil belajar siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls dengan menggunakan model Pembelajara Berbasis Masalah di kelas X SMA Negeri 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah Two Group Pretes-Posttest Design. Sampel penelitian 2 kelas yang ditentukan dengan teknik class random sampling yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X-MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk essay yang terdiri dari 8 soal, lembar observasi penilaian sikap dan keterampilan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t setelah uji prasyarat dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-ata 24,32 dengan standar deviasi 10,53 dan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 23,96 dengan standar deviasi 8,42. Hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua pihak, diperoleh hasil bahwa data nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, homogen dan kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 70,04 dengan standar deviasi 6,61 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol yaitu 60,88 dengan standar deviasi 8,24, maka ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi Momentum dan Impuls di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 022 |
Keywords: | PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:07 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28602 |