Maulidasari, - (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS(KPS) SISWA KELAS V MIN TANOH ANOE KABUPATEN BIREUEN ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156181044 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 8156181044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
3. NIM 8156181044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM 8156181044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM 8156181044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM 8156181044 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 8156181044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8156181044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8156181044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
13. NIM 8156181044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM 8156181044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Pengembangan buku ajar IPA menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, lembar angket untuk siswa, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan dengan hasil validasi materi dinyatakan layak, ahli bahasa dinyatakan layak dan ahli desain dinyatakaan sangat layak digunakan di lapangan. Hasil angket respon siswa terhadap buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains baik. Pada uji prasyarat normalitas dan homogenitas mempunyai nilai sig lebih besar dari pada α(=0,05) sehingga H0 diterima. Hasil ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan pada uji perbedaan postes hasil belajar siswa mempunyai nilai nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains lebih efektif dari pada buku teks pada pokok bahasan Gaya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.1 Mau p |
Keywords: | Buku ajar, keterampilan proses sains, model borg and gall, hasil belajar gaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2018 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28582 |