MURTININGRUM, DYAH INGGIT (2018) PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 KISARAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132121004 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4132121004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM. 4132121004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 4132121004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
5. NIM. 4132121004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 4132121004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 4132121004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 4132121004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
9. NIM. 4132121004 BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13. NIM. 4132121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM. 4132121004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligence pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 2 Kisaran T.A 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan class random sampling yaitu diambil dua kelas yang tiap kelasnya terdiri dari 34 siswa, kelas eksperimen dengan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligence dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa pilihan ganda sebanyak 14 soal dan Multiple Intelligence Research.
Berdasarkan Multiple Intelligence Research (MIR) kecerdasan yang dominan pada kelas eksperimen dan sesuai dengan kriteria penilaian dalam kurikulum 2013 adalah logika dan matematika (pengetahuan), kinestetik (keterampilan), intrapersonal dan interpersonal (sikap).
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligence diperoleh rata-rata pretest 47,56 dan nilai rata-rata posttest 76,82. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretest 45dan sedangkan rata-rata posttest 66,79. Pada uji t pretest diperoleh nilai pretes thitung < ttabel yaitu 1,27 < 1,99 maka H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 7,598 sedangkan ttabel adalah 1,67 (5,04 > 1,67). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligence terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 2 Kisaran T.P. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 030 |
Keywords: | Strategi Genius Learning; Multiple Intelligence |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jan 2018 17:01 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28559 |