Purba, Raymond M. (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TKR PADA MATA PELAJARAN SISTEM REM DI SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133122021 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 5133122021 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5133122021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM. 5133122021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 5133122021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. NIM. 5133122021 TABLES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 5133122021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 5133122021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
9. NIM. 5133122021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM. 5133122021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14. NIM. 5133122021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memelihara sistem rem dan komponen-komponennya dengan menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas XII TKR SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan, (2)mengetahui hasil belajar siswa padakompetensi memelihara sistem rem dan komponen-komponennya dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TKR SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan yang berjumlah 91 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Sistem Rem. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kompetensi dasar memelihara sistem rem dan komponen-komponenyadi kelas eksperimen (menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,2 dan standar deviasi 6,488 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Ekpositori) diperoleh nilai rata-rata 72,93 dan standar deviasi 6,617 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 56,67 %. Hasil uji-t diperoleh nilai t_hitung > t_tabel, yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar sistem rem siswa Kelas XII TKR SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuantahun ajaran2017/2018 yang diajar dengan menggunakan ModelPembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositoriditerima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 038 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching And Learning; Ekspositori; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1125 Machine shops and machine shop practice |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 10:16 |
Last Modified: | 09 Jan 2018 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28060 |