PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2017/2018

harahap, vevry angriany (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 5132131013 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 5132131013 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 5132131013 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 5132131013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 5132131013 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 5132131013 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 5132131013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 5132131013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 5132131013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 5132131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 5132131013 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 5132131013 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 5132131013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 5132131013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 5132131013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 5132131013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 5132131013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 5132131013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5132131013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5132131013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5132131013 BIBLIOGRAFHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5132131013 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar penerapan rangkaian elektronika Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Dengan siswa yang diajarkan Dengan Model Pembelajaran ekspositori Pada Siswa Kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video Yang Mengikuti Mata Pelajaran penerapan rangkaian elektronika. Sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas XI TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TAV 2 sebagai kelas Kontrol di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah masing-masing 24 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar penerapan rangkaian elektronika antara Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning dengan Model Pembelajaran ekspositori, dimana hasil belajar penerapan rangkaian elektronika untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar penerapan rangkaian elektronika untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 22.08 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 18,59. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen penerapan rangkaian elektronika dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning diperoleh Lhitung sebesar 0.077 dan Ltabel sebesar 0.190 karena Lhitung < Ltabel atau 0.077 < 0.190, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument penerapan rangkaian elektronika dengan Model Pembelajaran ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0.162 dan Ltabel = 0.190 karena Lhitung < Ltabel atau 0.162 < 0.190, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar penerapan rangkaian elektronika diperoleh Fhitung sebesar 1,01 dan Ftabel 1,99 karena Fhitung < Ftabel atau 1,01 < 1,99 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen.
Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Terhadap Hasil Belajar penerapan rangkaian elektronikaika Pada Siswa Kelas XI Teknik Audio Video Hal ini terlihat dari nilai thitung = 4,59 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,679.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ELK 058
Keywords: STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING,Hasil Belajar,kurikulum,Rangkaian Elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Dec 2017 15:00
Last Modified: 29 Dec 2017 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28031

Actions (login required)

View Item
View Item