Siagian, Martin (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5133331001 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
02. NIM. 5133331001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
03. NIM. 5133331001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
04. NIM. 5133331001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
05. NIM. 5133331001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
06. NIM. 5133331001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
07. NIM. 5133331001 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
08. NIM. 5133331001 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09. NIM. 5133331001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
13. NIM. 5133331001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 5133331001 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan begitu sangat signifikan seiring dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan adalah salah satu bentuk
perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Perkembangan
serta kemajuan teknologi yang semakin pesat dunia pendidikanpun perlu mengadakan
inovasi atau pembaharuan dalam berbagai bidang termasuk dalam strategi pelaksanaan
pembelajaran guru yang inovatif dan kreatif pasti akan mengelola media pembelajaran yang
dirancang khusus agar dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Mata
pelajaran Instalasi Motor Listrik merupakan mata pelajaran yang membahas tentang
pemasangan dan pemeliharaan instalasi motor listrik, yang meliputi bahasan;
pengasutan, proteksi, dan pengontrolan operasi motor listrik. Media pembelajaran
interaktif ini kembangkan dengan menggunakan aplikasi swishmax.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau dikenal
Research and Development (R&D). R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk
menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian ini
di validasi oleh ahli media dan ahli materi sebelum di ujicobakan kepada siswa. Hasil
penilaian ahli materi berdasarkan aspek panduan informasi dan konten bahan ajar
memperoleh skor rerata total 4,43 (Sangat Baik dan Layak). Penilaian ahli media
berdasarkan panduan informasi, penggunaan coursware, dan kualitas estetika paparan
memperoleh skor rata-rata 4,38 (Sangat Baik dan Layak). Respon penilaian siswa terhadap
multimedia pembelajaran interaktif instalasi motor listrik dilihat dari pengujian skala kecil
pada aspek panduan informasi, konten bahan ajar, kualitas media, kemudahan penggunaan
media, dan efek pedagogik memperoleh skor 4,67 (Sangat Baik dan Layak). Tahap
pengujian skala besar memporeleh skor 4,17 dengan kategori sangat ‘Baik Dan Layak’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 055 |
Keywords: | MULTIMEDIA INTERAKTIF, SWISHMAX, R&D, VALIDASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 14:59 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28028 |