Sulistio (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SMK BM SINAR HUSNI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141105 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
4. NIM 7133141105 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM 7133141105 PREFACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
5. NIM 7133141105 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 7133141105 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM 7133141105 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM 7133141105 TABLES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8. NIM 7133141105 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM 7133141105 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
13. NIM 7133141105 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 7133141105 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar korespondensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD dan motivasi terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas X SMK BM Sinar Husni, Tahun Ajaran 2017/2018..
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 140 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP 1 (Eksperimen ) yang berjumlah 35 orang dan X AP 2 (Kontrol) yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar dan angket motivasi motivasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smornov dengan kriteria Thitung > Ttabel dan uji homogenitas menggunakan uji F(Levene) dengan kriteria Fhitung > Ftabel, sedangkan uji hipotesis menggunakan Anava Dua Jalur dengan kriteria pengujian adalah tolak H0 jika FA > Ftabel dalam hal lain diterima Ha dan tolak Ha jika FB < Ftabel, dalam hal lain diterima H0.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata pre-test siswa kelas eksperimen = 37,29 dengan SD = 7,606 dan nilai rerata pre-test kelas kontrol = 40,43 dengan SD = 7,8, sedangkan nilai pos-test setelah diterapkan model pembelajaran STAD dan konvensional = 79 dengan SD = 9,839. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Thitung = 0,066 > Ttabel = 0,05) dan homogen (Fhitung = 0,341 > Ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan STAD = 81,08 dan konvensional = 76,47 dengan nilai sig. 0,002. 2) Rerata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi = 86,38 dan motivasi rendah = 71,17 dengan nilai sig. 0,000. 3) Rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan STAD yaitu kelompok motivasi tinggi = 88,05 dan kelompok motivasi rendah = 74,11 lebih besar dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional yaitu kelompok motivasi tinggi = 84,72 dan kelompok motivasi rendah = 68,23 dengan nilai sig. 0,036, dalam hal ini ketiga hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X SMK BM Sinar Husni Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 083 |
Keywords: | STAD, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR KORESPSONDENSI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5520 Office equipment and supplies L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 14:09 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27945 |