Simamora, Erikjoy (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 19 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133141019 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
2. NIM 4133141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM 4133141019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM 4133141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM 4133141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 4133141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM 4133141019 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 41133141019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM 4133141019 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM 4133141019 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM 4133141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik dengan pendekatan kontekstual berbantu media audio visual pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yaitu sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 160 siswa. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA6 dan kelas X MIA5. X MIA6 sebagai kelas yang diajar menggunakan pendekatan saintifik berbantu media audio visual yang berjumlah 32 orang siswa, dan kelas X MIA5 sebagai kelas yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantu media audio visual yang berjumlah 26 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik adalah 80,00 dengan standar deviasi 7,86 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantu media audio visual adalah 75,23 dengan standar deviasi 8,69. Perbedaan hasil belajar siswa diuji menggunkan uji t dengan α = 0,05. Data menunjukkan bahwa hasil thitung hasil belajar =2,228, dan tidak terletak diantara -2,0042 hingga 2,0042 sehingga Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan pendekatan kontekstual berbantu media audio visual pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 166 |
Keywords: | pendekatan saintifik; pendekatan kontekstual; media audio visual; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:11 |
Last Modified: | 15 Dec 2017 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27817 |